Kamis, 01 Oktober 2009

Sinergitas IPM Kecamatan Beji


PENINGKATAN SINERGITAS KECAMATAN
PADA KEGIATAN OPERASIONAL KINERJA KECAMATAN
DALAM UPAYA MENDUKUNG PENINGKATAN IPM KOTA DEPOK
TAHUN 2008


Pendahuluan

Pertumbuhan masyarakat dewasa ini pada umumnya masih belum dapat dirasakan meningkat secara signifikan, beragam kendala yang dihadapi oleh masyarakat membuat pertumbuhan masyarakat belum dapat secara optimal ditingkatkan. Dalam upaya mendukung peningkatan IPM Kota Depok dan keterkaitannya dengan mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat untuk meningkatkan taraf kehidupannya, dipandang perlu untuk melaksanakan suatu kegiatan berupa peningkatan sinergitas baik pada bidang pendidikan, kesehatan maupun perekonomian.

Kecamatan Beji sebagai salah satu SKPD Pemerintah Daerah Kota Depok berupaya untuk dapat merealisasikan Bantuan Gubernur Jawa Barat Tahun 2008 kedalam kegiatan Peningkatan Sinergitas Kinerja Kecamatan di bidang pendidikan, kesehatan dan perekonomian, sebagai salah satu wujud partisipasi aktif Kecamatan Beji untuk meningkatkan pertumbuhan masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Beji, disamping pula sebagai dukungan terhadap Program Pemerintah Kota Depok untuk meningkatkan IPM Kota Depok.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada bulan November 2008 dan pendanaannya bersumber dari Bantuan Gubernur Jawa Barat Tahun 2008 yang masuk dalam Perubahan Anggaran 2008, sejumlah Rp. 10.000.000,- ( Sepuluh Juta Rupiah )

Kondisi Demografi

Penduduk merupakan salah satu diantara sekian banyak modal dasar pembangunan. Laju pertambahan penduduk Kecamatan Beji yang demikian pesat salah satunya disebabkan oleh terjadinya perpindahan masuk warga DKI Jakarta ke wilayah Kecamatan Beji khususnya dan wilayah Kota Depok pada umumnya.

Adapun penyebab dari hal tersebut diatas dikarenakan oleh posisi strategis Kecamatan Beji sebagai bagian wilayah Kota Depok, yang secara khusus dirasakan sangat representatif dan memenuhi syarat sebagai daerah pemukiman yang ideal.
Kondisi Sosial Ekonomi

Perpindahan penduduk dari wilayah DKI Jakarta dan wilayah -wilayah lainnya ke Kota Depok, termasuk Kecamatan Beji didalamnya, menyebabkan pula pertambahan jumlah penduduk yang cukup signifikan dan mengakibatkan lebih banyaknya lahan yang dibutuhkan untuk sarana pemukiman.

Bergesernya peruntukkan tanah kepada sarana pemukiman mengakibatkan tidak memungkinkan lagi jenis usaha pertanian dikembangkan di wilayah Kecamatan Beji. Kondisi ini menuntut keterampilan penduduk Beji untuk segera mengantisipasi perubahan dan mengalihkan usaha pertaniannya ke jenis usaha lain.

Sampai dengan saat ini, di wilayah Kecamatan Beji telah berkembang berbagai jenis usaha, baik yang berskala besar maupun yang berskala kecil, termasuk industri ringan didalamnya. Namun dengan keterbatasan sumber daya manusia dan modal yang dimiliki, kekuatan usaha pribumi seringkali kalah bersaing dengan para pendatang yang relatif memiliki kualitas sumber daya manusia yang lebih baik dan modal yang lebih besar.

Kendati demikian, secara umum kondisi sosial masyarakat dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Hal ini dapat terlihat dari faktor semakin berkurangnya jumlah keluarga prasejahtera di wilayah Kecamatan Beji.

Dilihat dari struktur budaya dan tradisi masyarakat di Kecamatan Beji terutama warga pribumi, tidaklah jauh berbeda dengan kebudayaan betawi. Hal ini disebabkan selain oleh posisi geografis yang berdekatan dengan wilayah DKI Jakarta yang kental dengan budaya betawi, juga disebabkan oleh faktor historis yang melandasi kuatnya pengaruh kebudayaan betawi di wilayah depok.

Potensi Kecamatan

Luas Wilayah : 1.931.91 Ha2
Jumlah Penduduk : 114.243 jiwa,
L = 59.039 jiwa
P = 55.204 jiwa
Jumlah Kelurahan : 6
Jumlah RW : 72
Jumlah RT : 370

SINERGITAS KECAMATAN

Kegiatan peningkatan Sinergitas Kecamatan di wilayah Kecamatan Beji akan dilaksanakan pada tiga bidang kegiatan, yaitu Pendidikan, Kesehatan dan Perekonomian, adapun uraian kegiatan yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut :

Bidang Pendidikan

- Pendataan Warga Belajar Paket A,B,C ( tanggal 17 s.d 21 November 2008 )
- Pembinaan Tutor Paket A,B,C ( tanggal 24 s.d 25 November 2008 )

Bidang Kesehatan

- Sosialisasi Program PHBS ( 26 November 2008 )
- Penyuluhan dan Pelatihan Kader Posyandu ( 26 November 2008 )
- Fogging DBD ( 21 November 2008 )
- Fogging dan Vaksinasi Flu Burung ( pertengahan bulan November 2008 )
- Kegiatan Kebersihan / Jum’at Bersih ( 28 November 2008 )

Bidang Perekonomian

- Pendataan Pelaku Usaha Kecil ( 24 s.d 25 November 2008 )
- Pembinaan dan Pelatihan UKM ( 26 November 2008 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar